Jumat, 23 November 2012

DEFINISI TELEMATIKA


A. DEFINISI TELEMATIKA
Pada tugas softskill kali ini saya akan menjelaskan definisi dari telematika, definisi TELEMATIKA itu menurut saya dari apa yang saya baca adalah
merupakan paduan dari dua kata yaitu ”TELEKOMUNIKASI dan INFORMASI” yang merupakan perpaduan dari konsep COMPUTING dan COMMUNICATION.
Tetapi dalam bahasa perancis telematika disebut TELEMATIQUE yang kurang lebih dapat diartikan dengan “bertemunya jaringan komunikasi dengan teknologi informasi”
“Telematika” dalam istilah bahasa Indonesia yaitu merupakan konvergensi dari Tele = ”Telekomunikasi”, ma= ”Multimedia” dan tika= ”Informatika”, atau konvergensi dari “3C”, “content”, “Computing”, and “Communication”.

B. PERKEMBANGAN TELEMATIKA
3 periode fenomena perkembangan telematika yang terjadi di masyarakat:

1. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an
Karena penggunaan teknologi telematika oleh masyarakt Indonesia masih terbatas. Sarana kirim pesan pun masih masih menggunakan yang biasa disebut sekarang email, dirintis pada tahun 1980-an. Mailinglist (milis) tertua di Indonesia dibuat oleh Jhhny Moningka dan Jos Lukuhay, yang mengembangkan perangkat “pesan” berbasis “unix”, “ethernet”, pada tahun 1983, persis bersamaan dengan berdirinya internet sebagai protokol resmi di Amerika Serikat. Pada tahun-tahun tersebut, istilah “unix”, “email”, “PC”, “modem”, “BBS”, “ethernet”, masih merupakan kata-kata yang sangat langka.
Periode rintisan telematika ini merupakan masa dimana beberapa orang Indonesia belajar menggunakan telematika, atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an, teleconference.

2. Periode kedua disebut pengenalan, rentang waktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi.
Pada tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri sudah mulai populer pada awal tahun 1990. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang. Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994 dan milis adalah salah satu bagian dari sebuah web. Penggunanya tidak terbatas akan tetapi sampai ke meja kantor. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet.

3. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000
Karena efek reformasi yang banyak disalah artikan, menjadikan kondisi yang serba bebas. Pembajakan software, Hp illegal, perkembangan teknologi computer, internet, dan alat komunikasi lainnya, dapat dengan mudah diperoleh, bahkan dipinggir jalan atau kios-kios kecil. Tentunya, dengan harga murah, menghemat biaya, dan memperbaiki kualitas produk. Masyarakat juga mendapat manfaat ekonomis dan peningkatan kualitas hidup. Peluang untuk memperoleh informasi bernuansa porno dan bentuk kekerasan lainnya dapat dengan mudah diperoleh.

C. CONTOH TEKNOLOGI INFORMASI YANG DIGUNAKAN
Salah satu contoh teknologi telematika yang digunakan adalah Handphone,karena merupakan salah satu sarana berkomunikasi  untuk mengirim atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.

D. HARAPAN TELEMATIKA INDONESIA KEDEPANNYA
Bangsa Indonesia harus lebih banyak berusaha lagi supaya tidak tertinggal dengan bangsa lain menyangkut telematika. Prospek ke masa depan, telematika di Indonesia memiliki potensi yang tinggi, baik itu untuk kemajuan bangsa, maupun pemberdayaan sumber daya manusianya.

sumber: http://wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar